BPD Can Do

Setelah membaca situs Detik.com pada kolom detikFinance  pertanggal Rabu, 10/02/2010 12:06 WIB, mengenai tajuk yang berjudul “BI: BPD Masih Sulit Bersaing”, memang benar perlu adanya tindakan untuk melakukan restorasi mengenai perubahan, bagaimana menghadapi DPRD, politik di daerah (lingkungan eksternal) sementara ada tuntutan bisnis yang tidak boleh kendur, pembangunan infrastruktur IT.

Secara implisit bisa dijabarkan bahwa, BPD yang saat ini adalah harus melakukan redesign paradigm dari kultur ke daerahan dan melakukan business process re-engineering untuk memenangkan kompetisi pasar.

Perubahan paradigm dari kultur secara Human resources adalah:

  1. Anti Kenyaman
  2. Bekerja untuk Organisasi
  3. Mempertajam Naluri Kompetisi
  4. Benchmark
  5. Berdebat bukanlah Kriminal / Kejahatan atau hal yang tabu.
  6. Konsisten belajar dan memperbaiki
  7. Siap untuk “berani berubah dan dirubah” untuk perbaikan bersama.
  8. Berani mengatakan dalam team “saya bukan atasan, kita adalah teamwork”
  9. Right man in the right place

Perubahan Business Process

  1. Mengkaji dan menerapkan sebuah proses lebih effisien dan effektif dan terintegrasi
    1. Operational
    2. Line Business
    3. Risk & Compliance
    4. HRD
    5. Audit
    6. Planning & Development
    7. IT
  2. Membiasakan untuk menekanan performance indicator di semua entity dengan asas keadilan dan kewajaran, jadi menepiskan bahwa ini adalah “titipan” hingga proses kompetisi di internal untuk semangat membangun bersama bisa tercapai.
  3. Investasi IT bukan hal yang semata mata mampu menolong BPD bisa menjadi “bercahaya” lebih tepatnya adalah pemahaman mengenai Investasi IT bagaimana mengembangkan, mengembalikan modal investasi, revenue yang didapat, dan konsisten dengan Best Practice maka, IT bisa lebih maksimal tanpa harus ber investasi sangat besar. Dan yang paling penting adalah IT adalah INOVASI bukan INVESTASI SEMATA
  4. Berinvestasi pada pengembangan staff, BPD mempunyai pondasi loyalitas yang kuat dari setiap pekerjanya, turn offer yang sangat rendah adalah Peluang terbaik bagi BPD untuk menggarap kemampuan karyawannya untuk lebih berani berkompetisi dengan dibekali ilmu tambahan, Investasi ini tidak ada nilai depresiasinya, Karyawan adalah ASSET dan menjadi karpet merah menuju BPD yang sangat baik dan mampu bertarung dgn BANK NASIONAL mapun Bank ASING.

Sangat yakin, BPD adalah mesin bisnis yang sedang terlelap karena di bungkus oleh faktor faktor yang tidak harus melelapkan dan membebani kinerja BPD, Biarkan BPD tumbuh menjadi apa yang diinginkan, BPD mampu untuk lebih dari apa yang di asumsikan orang banyak. MOVE IT BPD… I BELIEVE WE CAN MAKE IT….. jadi tajuk BPD tidak dapat bersaing adalah ANTI THESIS buat kita….

CHEERS.
Yadi.

Advertisements

About msetyadi

I am an IT Strategic
This entry was posted in Expertise. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s